Al Farghani Adalah Seorang Ahli Sipil Pertama Di Dunia Beragama Islam

Posted by

Al Farghani Adalah Seorang Ahli Sipil Pertama Di Dunia Beragama Islam
Sekilas Ilmu Duniaku – Siapa Sih yang tidak kenal Al-Farghani, Dalam Dunia Sipil sudah pasti mengetahui siapa sih ahli sipil yang pertama di dunia. Pasti seorang ahli sipil akan menjawab dengan nama Al-Farghani. Beliau adalah Insinyur sipil yang pertama dari abad ke-9 M. beliau bernama lengkap Abu’l-Abbas Ahmad ibnu Muhammad ibnu Kathir Al-Farghani. Dan beliau juga seorang muslim. Al-Farghani lahir di Kota Farghana, Tansoksiana. Sebagai seorang masyarakat muslim beliau ditempatnya itu biasa dipanggil Al-Farghani sedangkan untuk bangsa Barat biasa disebut dan dipanggilnya Al-Fraganus. 

Dulunya sebelum Al-Farghani menekuni dan belajar ilmu sipil. Al-Farghani dikenal seorang ahli astronom. Salah satu bukti nyata beliau sebagai ahli astronom adalah pada saat itu, beliau mengeluarkan buku/Kitab fi al-Harakat al-Samawiya wa Jawami Ilm al-Nujum artinya Elemen-elemen Astronomi. Al-Farghani begitu populer sebagai astronom, karena mampu menetapkan diameter bumi sejauh 6.500 mil serta menemukan diameter planet-planet. 

Dan ketika masa pemerintahan Khalifah Al-Mutawakil, Al-Farghani dipercaya oleh pemerintah untuk mengawasi pembangunan Great Nilometerdi Fustat kota tua Kairo. Pembangunan megaproyek Great Nilometer itu rampung pada tahun 861 M, dan pada waktu itu bertepatan dengan meninggalnya Khalifah Al-Mutawakil. Ini Menurut sejarawan Ibnu Tughri Birdi.

Tidak berhenti disitu karya beliau, kemudian Al-Farghani ditugaskan dua putera Khalifah Al-Mutawakil, yakni Muhammad dan Ahmad, untuk mengawasi proyek penggalian kanal itu. Kanal itu melalui kota baru Al-Ja’fariyah yang dibangun Al-Mutawakil dekat Samarra, di Tigris. Sayangnya, proyek penggalian kala yang diawasi Al-Farghani itu tak terlalu sukses.

Sebab, kanal itu tak bisa mengalirkan air dengan baik, kecuali bila ketinggian Sungai Tigris sedang tinggi. Konon, khalifah pun sempat marah, karena Al-Farghani ternyata salah perhitungan. Akibatnya, dia lebih dijuluki sebagai sebagai insinyur teoritis dibandingkan insinyur praktik. Pada tahun 987 M, Ibnu Al-Nadim mengungkapkan, Al-Farghani berhasil menulis dua buku penting dalam bidang teknik yakni, Kitab al-Fusul, Ikhtiyar al-Majistidan Kitab Amal Al-Rukhmatatau ‘Book on the Construction of Sun-dials. 


Sumber : Panduan Teknik Sipil


Blog, Updated at: 21:01:00
Posted by:Deava Teknik
Sekilas Ilmu Duniaku, Updated at: 21:01:00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment