Contoh Kerangka Acuan Kerja (KAK) Perencanaan Jalan

Posted by

Contoh Kerangka Acuan Kerja (KAK) Perencanaan Jalan 
1.    Latar Belakang
Dengan meningkatnya mobilitas penduduk sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan wilayah permukiman dan industri di daerah menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan akan penyediaan sarana dan prasarana transportasi yang mencukupi.
Pertumbuhan kebutuhan akan prasarana transportasi menyebabkan perlu dilakukannya program penanganan jaringan jalan yang terencana secara efektif dan efisien serta berkesinambungan. Program penanganan jaringan jalan di seluruh wilayah Indonesia membutuhkan ketersediaan Desain yang mendetail/terinci dan dapat dipertanggung jawabkan untuk mengantisipasi perubahan yang sangat cepat terhadap kondisi jalan. Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara yang mempunyai tugas untuk melaksanakan program penanganan jaringan jalan, membutuhkan ketersediaan desain yang mendetail/terinci untuk pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan fisik.

2.   Maksud Dan Tujuan
a.  Maksud
Jasa Konsultan yang dimaksud dalam Kerangka Acuan Kerja ini adalah untuk pekerjaan Perencanaan Pembangunan Jalan Sulawesi Tenggara 2 tahun anggaran 2013.

b.  Tujuan
Untuk efisiensi dan efektifitas penggunaan biaya dan tenaga konsultan, pelaksanaan jasa akan diatur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan harapan atau tingkat kegiatan
kontraktor dilokasi proyek.

c.    Lokasi
Ruas Jalan yang akan didesain dalam pekerjaan ini sebanyak 7 (tujuh) ruas yang tersebar di Sulawesi Tenggara pada tahun anggaran 2013, sebagai berikut :
1.       Pembangunan Jalan Wawotobi – Belalo
2.       Pemeliharaan berkala Lepo Lepo – Punggaluku
3.       Pembangunan Jalan Batu Putih - Porehu – Tolala
4.       Pembangunan Jalan Toronipa - Batu Gong
5.       Pembangunan Jalan Rumah Sakit Jiwa Kota Kendari
6.       Pembangunan Jalan Tetewatu- Routa
7.       Pembangunan Jalan Akses Bandara Haluole Kendari (Tahap I)

3.       Lingkup Kegiatan
Lingkup kegiatan yang dilakukan oleh konsultan dalam pelaksanaan pekerjaan ini adalah sebagai berikut :
1.       Persiapan Desain
2.       Survey Pendahuluan
3.       Pengukuran Topografi
4.       Inventarisasi Geometrik Jalan
5.       Survey Kondisi Jalan
6.       Survey lalu lintas
7.       Penyelidikan Tanah
8.       Penyelidikan Hidrologi
9.       Perencanaan Teknis
10.    Penggambaran
11.    Perkiraan Harga Sendiri
12.    Dokumen Lelang
4.     Nama Dan Organisasi Pengguna Jasa
Pengguna jasa adalah Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara.

5.    Sumber Pendanaan
Pagu anggaran untuk kegiatan ini sebesar Rp. 482.748.000 (empat ratus delapan puluh dua juta tujuh ratus empat puluh delapan ribu rupiah), termasuk PPN dengan sumber dana APBD Tahun Anggaran 2013.

6.    Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pekerjaan ini : Tersedianya desain yang mendetail/terinci sesuai program penanganan ruas jalan yang ada.

7.    Peralatan Dan Material
Peralatan yang akan digunakan untuk pekerjaan ini meliputi : perangkat komputer, sewa kantor dan mess, sewa mobil, rol meter, Theodolit, Water Pas, DCP, Belkeman Beam, dan peralatan penunjang lainnya yang dicantumkan dalam HPS.

8.   Tenaga Ahli Yang Diperlukan
Untuk menunjang keberhasilan pekerjaan ini, maka diperlukan tenaga-tenaga ahli yang berpengalaman dengan kualifikasi dan jumlah "orang bulan" = 14,50 sebagai berikut :
  • Team Leader
  • Highway Engineer
  • Geodetik Engineer
  • Geotechnical Engineer
  • Trafic Engineer
  • Hidrologi Engineer
  • Cost & Quantity Engineer
Tenaga Penunjang terdiri atas :
Asisten Ahli dengan pendidikan minimal D3 Teknik Sipil dan telah berpengalaman dibidangnya, juru gambar (Drafter), surveyor, sekretaris/operator komputer, pelayan kantor dan buruh/tenaga lokal yang diperlukan yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan.

9.       Waktu Pelaksanaan Pekerjaan
Jangka Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan ini adalah 2,5 (dua koma lima) bulan.

10.    Pelaporan
Bentuk Pelaporan yang harus diserahkan oleh konsultan :
a.       Laporan Pendahuluan
Laporan pendahuluan merupakan apresiasi terhadap kerangka acuan kerja kegiatan yang antara lain meliputi latar belakang masalah, maksud dan tujuan, ruang lingkup yang diharapkan, metode / cara pendekatan, teknik dan prosedur pengumpulan data serta analisis. Pada pelaporan ini dicantumkan juga pentahapan pekerjaan, jadwal rencana kerja dan organisasi pelaksanaan studi yang akan dibahas dalam pertemuan dengan Pengguna Jasa. Laporan ini diserahkan pada hari kalender ke 30 (tiga puluh) setelah diterbitkan SPMK dan diserahkan sebanyak 5 (lima) buku.
b.       Laporan Antara
Laporan ini berisi hasil pengumpulan bahan dan kajian yang akan dibahas dalam pertemuan dengan Penyedia Jasa. Laporan ini diserahkan pada hari kalender ke 45 (empat puluh lima) setelah diterbitkan SPMK dan dibuat sebanyak 5 (lima) buku.
c.       Draft Laporan Akhir
Laporan ini merupakan produk akhir sementara yang akan dibahas dalam pertemuan dengan Pengguna Jasa. Konsep laporan akhir ini yang diserahkan pada hari ke 70 (tujuh puluh) setelah dikeluarkannya SPMK. Jumlah buku yang akan diserahkan sebanyak 5 (lima) buku.
d.       Laporan Akhir
Laporan ini merupakan penyempurnaan dari Konsep Laporan Akhir. Laporan ini akan diserahkan pada akhir masa kontrak pada hari ke 75 (tujuh puluh lima) setelah dikeluarkannya SPMK berjumlah sebanyak 5 (lima) buku dan digunakan sebagai dasar pembayaran terakhir prestasi pekerjaan.
e.       Laporan CD
Disket/CD (Compact Disk) tersebut berisikan data-data yang sudah ada laporan lapangannya termasuk foto-foto dokumentasi di lapangan sebanyak 1 buah atau secukupnya.
f.         Cuci Cetak Foto
Semua hasil dokumentasi di lapangan, di cuci/cetak dan diserahkan bersama dengan laporan lainnya.

Kendari, Maret 2013
Kepala Dinas Pekerjaan Umum
Provinsi Sulawesi Tenggara,

Ir. H. M. MA'MUN SUPRIATNA
Pembina Utama Muda, Gol. IV/c
NIP. 19570724 198911 1 101

Demikianlah Contoh Kerangka Acuan Kerja (KAK) Perencanaan Jalan Semoga Bermanfaat


Blog, Updated at: 21:37:00
Posted by:Deava Teknik
Sekilas Ilmu Duniaku, Updated at: 21:37:00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment